Thursday, January 29, 2009

BAB II

Karena majunya teknologi pada saat ini, sehingga bermunculan beraneka ragam teknologi yang semakin hari semakin canggih dan modern sehingga dapat memudahkan pemakaian ( konsumen ). Teknologi yang modern ini perlu juga kita pelajari agar tidak tertinggal terlalu jauh dari cepatnya kemajuan teknologi saat ini.

Pada institut – institut yang sudah maju dan modern, semua peralatan praktek control ( pengendali ) pada skala laboratorium juga menggunakan peralatan modern yang sangat memudahkan dalam mempelajarinya maupun dalam pengoperasian serta perawatannya. Sedangkan pada perguruan tinggi yang masih menggunakan peralatan dengan system konvensional sudah mulai tertinggal.

Adapun kelemahan – kelemahan praktek ataupun teori yang masih menggunakan cara - cara konvensional akan mengakibatkan hasil dan mutu ilmu yang kurang baik pada mahasiswa serta kurang mudah diserap dalam industri saat ini. Peralatan praktek dengan system control yang konvensional ini juga akan menimbulkan biaya perawatan dan perbaikan ( repair and maintenance ) yang sangat mahal, rumit, dan waktu pencarian kesalahan “ error “ yang sangat memakan tenaga dan lama . Hal ini disebabakan karena pada praktek laboratorium control system konvensional banyak sekali menggunakan komponen – komponen control dalam jumlah banyak dan tempat yang luas. Kerumitan – kerumitan control yang tidak terpusat ini akan mengakibatkan kerugian ( losses ).

Pengenalan alat – alat system control modern, otomatis dan terpusat sangatlah diperlukan untuk kalangan mahasiswa pada era saat ini, sehingga sangat bermanfaat untuk kemajuan dan hasil yang optimal dari proses pembelajaran / perkuliahan. Peralatan praktek control modern ini akan lebih banyak membantu dalam mencapai mutu perkuliahan dan juga meminimalkan “error “ yang mungkin terjadi.

Dengan adanya peralatan - peralatan atau komponen control modern yang semakin banyak jumlah dan jenisnya, sehingga membuat para pengguna ( konsumen ) harus lebih faham dengan karakter alat - alat tersebut, baik secara fisual ataupun secara pemakaiannya.

Sebagai calon pengguna / pemakai peralatan modern yang semakin dituntut keahlian dan ketrampilan dalam pengenalan, pengetahuan, serta kemampuan mengoperasikan peralatan modern, maka para siswa / mahasiswa perlu untuk banyak mengenal dan belajar agar tidak canggung setelah benar - benar terjun ke dunia industri yang sebenarnya ( sebagai karyawan industri ).

Alat control system modern ini sangat memudahkan dan memaksimalkan dalam pencapaian hasil produksi di industri. Adapun peralatan - peralatan control system yang modern itu antara lain modul PLC, Touch Screen, sensor Infra red, dan juga tidak lupa adanya computer. Semua ini sangat sederhana dalam pengoperasian maupun perawatannya, sehingga banyak perusahaan yang skala Internasional menggunakan alat - alat semacam itu, dengan tujuan modernisasi teknologi ( padat Teknologi ) serta tidak lagi meggunakan banyak tenaga manusia ( padat karya ).

Peralatan praktik ini dirancang untuk para pengguna ( mahasiswa / siswa ) agar mudah dalam mempelajarinya dan juga dalam pengoperasian, sehingga mudah untuk dipraktikan oleh para mahasiswa dan dapat merupakan bekal untuk terjun di industri nantinya.

Selamat datang di WEB ini

Anda akan mendapatkan layanan informasi dan konsultasi serta pembelajaran tentang penggunaan dan pengoperasian PLC secara dasar untuk aplikasi di Industri, sekolah, dan praktisi junior PLC, serta lembaga yang mengajarkan sistem otomatisasi.
Materi ini digunakan dalam membantu pembelajaran siswa didik dan mahasiswa Program Study Listrik dan Instrumentasi, juga sebagai panduan dasar pengguna PLC tingkat menengah untuk otomatisasi system.
Adapun batasan pada layanan modul pembelajaran ini hanya mencakup Dasar - dasar PLC, Prinsip kerja, Teknik pemprograman dengan bahasa dasar PLC (Mneumonic Code) dan Diagram garis (Ladder Diagram) juga Fungsi Plan atau Fungsi Blok (FB), serta beberapa contoh aplikasinya.
Jenis PLC yang merupakan pembahasan pada modul ini adalah PLC jenis OMRON, SIEMENS, TOSHIBA, dan MITSUBISHI, serta LG.